Thursday 8 October 2020

Pantai Olo dan Tempat Pelelangan Ikan di Belawan

Dari hari kemarin hingga bulan lalu, blog ini selalu berisi kuliner di sekitar kota Medan. Ya gak salah sih, namanya juga saya tinggal di sekitaran kota Medan. Tapi mengapa kulinernya hanya di kafe/resto saja? Kenapa gak sekalian wisatanya atau yang lain gitu? Eh iya juga. Itulah yang terbesit di kepala saya saat ingin menulis blog ini.

Walaupun terbesit di kepala masih belum ada rencana mau pergi kemana, karena kondisi masih sulit di new normal ini. Beruntungnya, kawan mengajak pergi jalan-jalan ke Belawan dengan catatan bagi-bagi tugas. Hitung-hitung, bisa berhemat

Nah cerita di mulai dari Tempat Pelelangan Ikan. Kami pergi kesana untuk melihat usaha kawanku yang menjual aneka seafood seperti ikan teri, cumi, dan lainnya secara online (daring). Disana, aku melihat pelelangan ikan cukup sunyi, baik itu pembeli maupun penjual. Mungkin efek pandemi ini yang bikin orang jadi berhemat, termasuk saya. Untuk fotonya bisa kamu lihat di bawah ini.

Pantai Olo dan Tempat Pelelangan Ikan di Belawan - Pelelangan Ikan 01
Salah satu pedagangan di Pelelangan Ikan

Menariknya disini, seafood yang mereka tawarkan masih fresh, cocok bagi kamu yang suka masak. Kekurangannya mungkin lokasinya aja yang lumayan jauh. Soalnya saya bersama kawan aja hampir ke Pelabuhan Belawan dan daerah Belawan lumayan banyak pabrik besar seperti minyak, karet dan lainnya, bikin kita harus berhati-hati dengan kendaraan berat. Jadi sangat disarankan tuk berhati-hati

Selain itu, kami juga melihat kapal nelayan yang pulang sehabis melaut. Hasil tangkapannya gak bisa saya foto karena segan dengan warga disana jadi hanya bisa foto dari jauh deh. Walaupun begitu, saya sempat melihat tangkapan nelayannya cukup banyak seperti ikan besar yang muncungnya panjang (gak tahu namanya), aneka cumi dan jenis ikan teri hingga lainnya. Tuk foto nelayannya, bisa kamu lihat di bawah ini.

Pantai Olo dan Tempat Pelelangan Ikan di Belawan - Pelelangan Ikan 02
Nelayan dan kapalnya

Setelah puas melihat pelelangan ikan, waktunya ke Pantai Olo. Dulu tempat ini dikenal dengan rekreasi wisatanya, sekarang tidak tahu lagi soalnya sudah lama disana. Apalagi ditambah kondisi sekarang, jadi gak terlalu berharap dengan wisatanya.

Dan benar saja pantai tidak seperti dulu lagi. Tapi, kondisinya terlalu memprihatinkan. Sampah bisa ditemukan dimana saja saat melangkah, baik itu masuk ke dalam hingga memilih lokasi yang cocok tuk kongkow bersama kawan. Walaupun begitu kami tetap mencari lokasi yang bersih, soalnya sayang banget sudah jauh-jauh datang gak menikmati suasananya. Oiya tuk fotonya ini dia

Pantai Olo dan Tempat Pelelangan Ikan di Belawan - Pantai Olo 01
Sayang ada sampah

Untuk menghilangkan pikiran kami ke sampah, kami memilih tuk memandang langit dan lautnya. Beruntung lautnya jernih, bikin kami bisa menikmati suasananya. Oiya Pantai Olo ini juga dikenal Pemancingan Ocean Pasific karena sering dijadikan area memancing. Saya pun melihat beberapa orang yang mancing dan mendapatkan ikan. Cocok nih bagi kamu yang suka memancing

Sambil melihat laut, tidak terasa perut kami sudah memanggil. Kami pun berencana kembali pulang sambil mencari makanan namun kami batalkan karena rasanya sayang banget tidak coba jajanan sekitarnya, jadinya kami coba deh. Untuk jajanannya, kami coba Sate padang bersama Cappucino dan Es jagung yang berisi Cincau.

Pantai Olo dan Tempat Pelelangan Ikan di Belawan - Pantai Olo 02
Jajanan di sekitar Pantai Olo

Kalau kamu bertanya rasanya, kami cukup suka karena sudah keroncongan. Tapi kami tetap bersyukur bisa menikmatinya tanpa harus mencari makanan di tempat lain.

Sebelum kami pulang, kami sempat bertanya sama warga setempat tentang Pantai Olo. Ternyata pantai ini bukan milik pemerintah melainkan milik pribadi. Terus, sang pemilik sudah tiada dan tidak diketahui siapa yang melanjutkannya, makanya pantai ini tidak terurus. Waduh sayang banget ya, semoga aja ada yang melanjutkan biar seperti dulu lagi.

Nah mungkin segitu dulu cerita saya mengenai Pantai Olo dan Tempat Pelelangan Ikan. Semoga kamu yang mampir kesini kondisinya mulai membaik dan mendapatkan seafood sesuai yang kamu inginkan.


Catatan
Lokasi Pantai Olo di Bagan Deli, Medan Kota Belawan
Lokasi Tempat Pelelangan Ikan di Jalan Gabion, Bagan Deli, Medan Kota Belawan
Harga jajanan mulai 5k
Foto menggunakan smartphone Realme 5 Pro

13 comments

  1. aku sebenernya suka cari ikan malah sampai mblusuk ke pelelangan, soalnya lebih lengkap dan jelas segernya

    lumayan variatif ya ikan2 di situ, terutama terinya...tapi jadi penasaran ikan yang ada cucuk mancungnya itu

    yang kulineran dekat pante olonya aku tertarik es jagung capucinonya, juga sate padangnya, look so yummy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada tantangannya juga, bikin saya jadi tahu ikan itu gak cuma itu2 aja..

      Lumayan kak, cuma saya segan fotonya karena bisa aja gangguin aktifitas mereka..

      Hehe iya. Angin disana juga segar ka :)

      Delete
  2. Makin memprihatinkan aja ya kondisi Pantai Olo sekarang ini bang.
    Dulu terakhir kali aku ke sini emang udah nggak terawat, tapi sampahnya nggak sampe sebanyak itu.

    Sayang banget sih, padahal tempatnya lumayan enak juga buat nyantai sambil mancing-mancing ikan di sore hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin efek tidak ada pemiliknya, jadi gak ada yang melanjutkannya bang. Semoga aja kedepan, pihak pengelola kembali merawatnya biar bisa memancing minat wisatawan

      Delete
  3. suka saya tengok ikan bilis halus tu, mas. nampak bersih. kalau beli ikan-ikan di sini lagi murah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih murah ka dibandingkan pasar. Cuma harus tepat waktu juga ka, soalnya sering diborong orang pasar sama penjual online ka..

      Delete
    2. samalah macam kat sini. orang ramai suka ikan2 fresh dan sanggup tunggu nelayan pulang dari laut untuk dapatkan ikan fresh. harga pun lebih murah sebab tiada 'orang tengah'

      Delete
    3. Iya ka, jadinya bisa borong banyak :)

      Delete
    4. betul tu. tapi pada masa sama kena fight dengan orang lain yang sudah sedia menunggu. 1st come 1st serve ;-)

      Delete
  4. Sayang ya pantai Olo kurang terawat begitu.
    Semestinya ditata ulang jadu lebih menarik.

    Tau ngga mas, kalau di Jaea Tengah arti Olo itu berbeda dengan di Medan, loh.
    Kalau di Jawa Tengah olo itu artinya jelek.

    Kalau di Medan artinya apa ya ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, semoga kedepannya ditata ulang..

      Baru tahu, ternyata olo punya arti gitu. kalau ini, memang nama pemiliknya mas. Tapi kalau bahasa mandailing, olo memiliki arti 'iya' yang memberikan makna membenarkan. cuma sejauh ini olo dalam bahasa medan gak memiliki arti mas..

      Delete


EmoticonEmoticon