Thursday 25 July 2019

Bagaimana Sih Interview di Big Bad Wolf (BBW)

Bagaimana Sih Interview di Big Bad Wolf (BBW)

Cukup banyak yang bertanya tentang Big Bad Wolf (BBW), khususnya interview. Saya sendiri masih belum bisa menjelaskan secara rinci dan detail karena baru sekali saja ikut interview BBW. Apalagi tahu event ini dari saudara, semakin ketahuan deh jarang bahas BBW.

Meskipun begitu, saya akan mencoba merangkumnya sesuai kemampuan saya. Nah berikut pengalaman saya selama mengikuti interview BBW. Bagi kamu yang penasaran yuk simak tulisannya di bawah ini.

Masuk Interview

Sesuai yang saya ceritakan di pengalaman BBW sebelumnya (Medan), saya mengikuti interview di Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU, tepatnya Mikie Wijaya Hall pada tanggal 17 Oktober. Alasan memilih tempat ini karena waktu lain sudah terisi janji sehingga mau gak mau hanya bisa mengikuti jadwal USU saja.

Saat mau masuk ke dalam, panitia akan bertanya tentang diri kita dan tujuan kita ke tempat interview. Waktu itu saya menjawab, mau ikut interview BBW. Panitia pun langsung menanya tentang kelengkapan berkas. Beruntung berkas sudah lengkap, jadi sedikit pertanyaan. Namun bila kamu ada beberapa berkas yang ketinggalan coba bertanya kepada panitia-nya agar panitia bisa memaklumi dan mencari solusi untuk kamu.

Setelah selesai sesi penyerahan berkas, interview pun dimulai

Mulai Interview

Sebelum interview dimulai, biasanya diurutkan berdasarkan yang duluan datang. Tapi ada juga yang berdasarkan duduk paling depan, jadi tergantung pemikiran interviewer. Nah untuk bagian saya, saya kedapatan bagian akhir.

Saat mengikuti interviewer, pihak BBW sudah menjelaskan kepada kami lebih diutamakan yang bisa bahasa inggris (gak harus pandai, apalagi mahir). Alasannya, karena saat event berlangsung, pihak BBW dari luar negeri akan membantu kita, jadinya diperlukan komunikasi yang baik agar event berjalan lancar.

Tapi bagaimana yang kesulitan bahasa inggris? Untuk yang satu ini, cobalah kamu bertanya kepada interviewer agar interviewer memakluminya. Jadinya kamu bisa interview sesuai kemampuanmu.

Terus mengenai pertanyaan yang diajukan, biasanya yang berhubungan dengan diri kita, baik itu kelebihan / kekurangan, kebiasaan dan lainnya. Ada juga pertanyaan lain seputar diri kita bila interviewer tertarik pada diri kita. Nah disinilah waktu kamu menunjukkan dirimu dengan catatan jangan berlebih-lebihan, sesuai kemampuan saja biar interviewer menjadi yakin.

Selesai Interview

Akhirnya selesai deh interview-nya. Untuk bagian ini, biasanya pihak interviewer akan memberi kesempatan kepada kita untuk bertanya. Bagi kamu yang ingin tahu soal BBW, bisa bertanya kepada interviewer agar kamu semakin paham tentang BBW sekaligus pihak interviewer semakin semangat menjalankan tugasnya.

Oke begitulah pengalaman saya mengikuti interview BBW. Bagi kamu yang sedang mencobanya, semoga tulisan ini bermanfaat.


Catatan:
  • Interview berlangsung selama 2018 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU
  • Usahakan pakaian rapi dan mengenakan sepatu

12 comments

  1. Infonya sangat bermanfaat kaka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih telah berkunjung ke blog ini :)

      Delete
  2. Eh keren sih, aku jadi kepo Big Bad Wolf sebenarnya seperti apa ya soalnya aku belum pernah datang ke event-nya. But, so far tentang interview-nya menarik. Aku lebih suka didahulukan yang pertama datang atau paling tidak siapa yang siap. Karena semakin cepat dia, berarti semakin siap dia. Tapi, nggak menjamin sih. Cuma kalau ada yang pas, ya keren juga sih. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung interviewer-nya kak, jadinya tinggal mengikuti arahan aja kak :)

      Delete
  3. BBW, USU, jujur saya masih belum paham, he..he...😁
    apa ini semacam tes masuk kerja? Atau apa...
    Kok harus pakai bahasa inggris juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin biar paham, coba baca tulisan saya sebelumnya kak (pengalaman dan tantangan bekerja di big bad wolf medan), hehehe..
      Mirip2 gitulah kak..
      Karena ada tim dari luar negeri juga, jadinya diperlukan bahasa inggris biar komunikasi tetap lancar selama event. Tapi gak harus pandai, bisa bicara inggris uda cukup kak :D

      Delete
  4. Saya dappat panggilan wawancara nih besok, deg degan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin makanya deg degan karena gak sabar lagi nih. Semangat ya (^^)

      Delete
  5. Berkas yang perlu disiapin buat interview bbw apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry lama balas.. biasanya berkas uda disebutkan pas mereka mengumumkan pendaftaran kak

      Delete


EmoticonEmoticon