Review Realme 3: Berawal dari Penasaran

Hei kawan, sudah lama saya tidak cerita smartphone. Kali ini saya akan cerita smartphone Realme 3, smartphone yang cocok dengan kegiatan saya sehari-hari.

Awal mula membeli smartphone ini bermula saat smartphone saya sebelumnya menunjukkan tanda-tanda harus diganti. Sambil mencari penggantinya, saya mencoba melihat Youtube yang cukup banyak memberikan review seputar smartphone yang hadir di Indonesia, salah satunya smartphone Realme 3 yang memberikan performa yang baik dengan harga sesuai kantong saya.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran
Realme 3

Akhirnya saya membeli smartphone Realme 3. Lantas seperti apa smartphone-nya? Terus apa sesuai dengan reviewer yang saya lihat? Nah bagi kamu yang penasaran, simak terus tulisan ini

Kelengkapan Smartphone Realme 3


Saat membeli smartphone ini, terlihat kemasan masih disegel oleh Lazada. Maklum karena belinya melalui marketplace Lazada.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Isi kemasan
Isi kotak Realme 3

Untuk kelengkapannya, berisi kotak kemasan ala Realme, kartu penggunaan, kartu garansi, paket bundling Indosat, voucher belanja Aukey, kabel USB, kepala charger 5V dan smartphone. Oiya dalam kemasannya disediakan juga Jelly case dalam warna transparan yang membuat kita tidak perlu membeli softcase kembali.

Desain dan Layar


Setelah melihat kemasannya, waktu melihat smartphone-nya.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Bagian depan
Tampilan dari depan

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Sisi kiri dan kanan
Sisi kiri (tombol volume dan baki sim) dan kanan (tombol power)

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Slot sim
Slot tersedia dual sim dan micro sim

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Sisi atas dan bawah
Sisi atas dan sisi bawah (lubang speaker, tempat charger dan lubang jack audio)

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Bagian belakang
Tampilan belakang, tersedia fingerprint dan dual kamera beserta lampu flash

Smartphone yang saya pegang ini adalah smartphone dengan warna Dynamic Black, warna hitam yang memiliki gradasi berwarna biru keunguan. Sedangkan Desainnya, kamu bisa melihat bagian atasnya yang polos dan bagian bawahnya berisi lubang jack audio, charger dan tempat speaker. Sementara sisi kanannya terdapat tombol power, lalu sisi kirinya terdapat tombol volume dan Baki micro sim-micro SD. Lalu bagian belakangnya terdapat sensor sidik jari dan kamera lengkap dengan flash. Oiya bagian depan terdapat layar dan kamera tanpa lampu flash.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Warna
Warnanya bisa berubah, dari biru ke ungu dengan melihatnya dari berbagai sudut

Hal yang menarik dari Desainnya, bisa kamu lihat warnanya yang berubah dan tempat kameranya yang memiliki ring berwarna kuning yang membuat smartphone ini menjadi menarik.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Notch dan layar
Layar 19:9 dengan notch Dewdrop

Nah selain desainnya, layarnya juga patut dibahas. Untuk layarnya mengadopsi Dewdrop Notch ala Oppo dengan rentang layarnya 19:9 yang membuat kita semakin puas berselancar lewat smartphone. Layarnya juga sudah dilindungi Gorilla Glass 3 yang memberikan perlindungan dalam goresan. Lalu kualitas layarnya sudah HD+ dengan IPS LCD yang membuat konsumsi daya-nya lebih hemat dibandingkan FHD+.

Software Cakep dan Hardware Oke


Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Software
Color OS V6.0 dengan Android Pie

Beralih ke spesifikasinya, kita bisa melihat software-nya yang mengadopsi Color OS V6.0 dengan sistem operasi Android Pie. Selama penggunaan, cukup mudah mempelajarinya untuk saya yang baru mengganti smartphone. Selain pengalaman penggunaan, Color OS terbaru memiliki fitur yang membuat kita semakin nyaman seperti Night Shield yang saya manfaatkan saat membaca tulisan di malam hari, lalu fitur Game Space yang memberikan pengalaman bermain game tanpa terganggu oleh notifikasi saat bermain.

Untuk hardware-nya tidak kalah dari software-nya. Hardware yang ditawarkan Realme 3 mengadopsi chipset MediaTek yakni Helio P60, chipset yang menawarkan performa yang baik dan kemampuan konsumsi daya baterai yang efisien. Chipset ini ditemani RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Bila belum puas dengan memori internalnya, kita bisa menambahkan memori dengan tersedia micro SD. Jadi tidak perlu bingung masalah memori.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Tes Gaming
Tes dengan game PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds)

Penasaran dengan software dan hardware-nya, membuat saya penasaran dengan performanya. Saya pun melakukan pengujian ala Youtuber gadget seperti tes performa melalui Antutu v7.1.7 dan bermain game PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds). Hasil yang saya dapatkan saat bermain game PUBG cukup memuaskan dengan grafis medium yang membuat saya tidak mengalami kendala saat memainkan game tersebut. Lalu mengenai tes performa melalui Antutu, saya melakukan tes-nya 2 kali. Pertama saya tes dengan kondisi internet masih terkoneksi dan Hotspot terkoneksi 3 perangkat yang berbeda serta dilakukan download dan pembaruan aplikasi. Hasil skor yang didapatkan mencapai 110 ribuan.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Skor Antutu
Hasil skor pada tes kedua

Lalu pada tes kedua, hanya mengaktifkan internet dan pengecasan baterai. Hasil skor Antutu yang diperoleh mencapai 123419 poin. Dari kedua skor tersebut, saya tidak mengalami kendala dalam menjalankan Realme 3 yang membuat saya tidak terlalu mempermasalahkannya.

Baterai Tahan Lama


Cakep dan oke software dan hardware-nya, baterainya juga tahan lama. Baterai yang ditanam Realme 3 memiliki kapasitas 4.230 mAh. Baterai ini cukup nyaman saya pakai sehari-hari untuk browsing, menonton video, dan memutar musik yang membuat saya tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah jalan.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Ketahanan baterai
Bisa bermain game lebih 2 jam

Oiya, mengenai ketahanan baterainya saat bermain game. Saya mencobanya dengan bermain game PUBG. Hasilnya sekitar 2 jam memainkannya, baterai berkurang lebih 40% yang membuat saya bisa memainkan game ini lebih lama. Tapi sayang, karena saya bukan seorang gamer sejati, jadi sedikit game yang saya coba.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Fitur Game Space
Fitur Game Space

Mungkin bila dicari penyebab baterai bisa awet, dikarenakan fitur Game Space yang menawarkan peningkatan performa saat bermain game dengan menonaktifkan beberapa aplikasi. Tidak lupa juga layarnya yang HD+ memberikan pengalaman bermain game lebih hemat daya dibandingkan FHD+.

Selain kemampuan ketahanan baterainya. Baterai Realme 3 dapat di charger sampai penuh dengan pengisian sekitaran 3 jam. Jadi bila kamu ingin mengisinya kembali penuh, disarankan mengisinya saat mau tidur.

Kamera Lengkap dengan Fitur Nightscape


Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Kamera Realme 3
Fitur kamera di Realme 3

Bicara kemampuan kamera, Realme 3 menawarkan kemampuan foto pada malam hari dengan fitur Nightscape. Fitur yang cukup jarang untuk smartphone di bawah 2 juta.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Fitur Nightscape
Fitur Nightscape di Realme 3

Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup mudah. Tinggal mencarinya di menu kamera, fitur sudah bisa diaktifkan. Namun saat mengaktfikannya, akan ada jeda lebih dari 3 detik yang membuat kita harus tetap membidik objek tanpa harus guncang. Hasilnya cukup memuaskan yang membuat kita bisa mengabadikan momen di malam hari.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Fitur Crhoma Boost
Fitur Crhoma Boost

Selain fitur Nightscape, Realme 3 memiliki fitur kamera lain yakni Crhoma Boost. Fitur ini membuat hasil foto lebih berwarna, bahkan bila digabungkan dengan HDR hasilnya lebih memuaskan. Untuk hasilnya kamu bisa melihat melalui foto ini.

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Hasil foto Realme 3
Mode Auto

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Hasil foto Realme 3
Mode Auto + HDR

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Hasil foto Realme 3
Mode Auto + Crhoma Boost

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Hasil foto Realme 3
Mode Auto + HDR + Crhoma Boost

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Hasil foto Realme 3
Mode Nightscape

Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Hasil foto Realme 3
Mode Nightscape saat malam hari

Untuk hasil foto lainnya, bisa kamu lihat blog ini dengan keterangan foto menggunakan smartphone Realme 3.

Oiya selain fiturnya, Realme 3 memiliki kamera belakang ganda yang terdiri 13 megapixel f/1.8 dan 2 megapixel untuk membantu foto bokeh. Sedangkan kamera depannya, mengadopsi 13 megapixel f/2.0.

Nah selain kemampuan foto-nya lewat kemampuan kamera dan fiturnya, video patut dibahas. Untuk videonya terdapat beberapa guncangan yang membuat saya berpikir tidak tersedianya fitur EIS (Electronic Image Stabilization). Walaupun begitu saya tidak terlalu mempermasalahkannya karena jarang saya menggunakan video, baik itu untuk video call maupun share di media sosial.

Kekurangan


Setelah cerita menariknya Realme 3, waktunya cerita kekurangan. Untuk kekurangannya ini dia

Masalah touchscreen setelah update


Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Kekurangan 01
Setelah pembaruan, touch screen kurang responsif

Saat membeli smartphone ini tiada kendala touch screen yang terjadi. Namun setelah melakukan pembaruan, smartphone ini mengalami kendala tersebut seperti saat bermain game yang kurang responsif dan saat berseluncur di internet yang mengalami jeda yang cukup mengganggu. Solusi, bisa dilakukan pembaruan kembali untuk mengatasi masalah ini.

Letak speaker yang cukup menganggu saat bermain game


Review Realme 3: Berawal dari Penasaran - Kekurangan 02
Letak speaker yang bikin sensasi bermain berkurang

Untuk menelpon dan memutar musik, mungkin speaker tiada masalah. Namun saat bermain kendala ini mulai terjadi seperti sering ketutupan dengan jari tangan saat memainkan game. Solusinya kamu bisa menggunakan earphone agar tidak tertutup oleh jari tangan. Solusi lainnya kamu bisa mengatur jarimu agar tidak bersentuhan dengan letak speaker, jadi saat bermain game bisa mendengar suaranya tanpa khawatir tertutup kembali.

Kesimpulan


Kesimpulan yang saya dapat selama menggunakan Realme 3 cukup memuaskan karena sesuai dengan kebutuhan saya, lalu sesuai dengan reviewer yang saya lihat. Membuat rasa penasaran saya terbayar dengan membeli smartphone ini. Walaupun ada beberapa kekurangan yang bisa diatasi melalui update / pembaruan kedepannya.

Nah bagi kamu yang ingin memilikinya, bisa membelinya melalui marketplace Lazada dengan harga Rp 1.999.000,- untuk versi RAM 3 GB dan internal 32 GB. Sedangkan versi RAM 4 GB dan internal 64 GB bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 2.399.000,- Tapi bila kamu beruntung, kamu bisa mencoba flase sale seperti saya yang mendapatkan smartphone dengan harga Rp 1.799.000,- untuk RAM 3 GB dan internal 32 GB.

Akhir kata, bila kamu bermain game dan foto di malam hari. Smartphone ini sangat direkomendasikan, mengingat harganya tidak sampai 2 juta.

Catatan:
Kedepannya akan dibuat review-nya dalam versi video.


Comments

  1. Harga yang dibrandol sesuai dengan smartphone-nya Kak.
    Aku suka bagian kameranya yang malam hari. Bagus sih.
    Kalau yang siang kalau secara sekilas memang terlihat sama saja, tapi kalau diperhatikan benar-benar bagus kok Kak.

    Kalau disuruh beli smartphone ini juga, aku juga mau, asal dibeli'in. Eh... Ups...

    Tapi, aku mau kok sama smartphone-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, jadinya bisa untuk blogging..

      Hehe, iya kak :)

      Delete
  2. baru denger merk real me ini, tampilan visualnya menarik juga sih, tampak elegan. vuman tampaknnya agak tebel yah kalau digenggam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masih terbilang baru merk smartphone-nya. Jadi kurang dikenal..

      Iya gan lumayan tebal pas pakai softcase. Tapi begitu tanpa softcase, perbedaan cukup terasa. Lebih nyaman tanpa softcse, cuma perlindungannya jadi berkurang gan..

      Delete
  3. wahhh cantiklah gambar2 dia... warranty 1 tahun ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya garansi 1 tahun. Oiya tersedia mode potret juga kak, tapi karena saya jarang menggunakannya, jadi gak saya ulas..

      Delete
  4. Pesaing xiomi yg lagi gencar gencar nya perang dipasaran
    Wah sob nanti direview lagi nih realme 3 nya uji ketahanan pemakaian setelah 1 tahun
    Dilihat dari spec nya mantabs sih soalnya betul seperti yg ditulis diatas beli smartphone sesuai kebutuhan pemegang hape
    Saya jg lg butuh spec mirip realme 3 jg paling minim hape yg sekarang kecemplung 2x ke air hiks untung bs diselamatkan tetapi efek samping nya layar tidak bening lg dan batre drop abis kena air
    Oya kurang responsif sepertinya bukan dr software tetapi dari hardware nya kayakna harus dicoab tanpa anti gores

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga ide mas, biar dicoba setelah pemakaian selama 1 tahun
      Gak coba servis dulu mas, mana tahu bisa..

      Oiya mengenai responsif, di awalnya lancar aja mas. Tapi setelah ada pemberitahuan update dan saya update, entah mengapa jadi ngelag. Kedepannya semoga aja pihak Realme bikin update-an kembali biar gak ngelag. Atau bisa jadi cuma Realme 3 saya aja yang ngelag daripada yang lain :D

      Delete
  5. lumayan juga ya kalau belinya waktu flash sale, selisihnya bisa buat jajan, ehehheee

    btw, belum pernah nyoba pake realme 3, tapi cukup penasaran pengen jepart-jepret pake nightsccape nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, bisa buat jajan..

      Iya kak karena ini hape merk-nya masih baru. Saya aja sempat kepikiran mending beli Xiaomi yang sudah dikenal. Tapi karena lebih besar rasa penasaran saya, akhirnya beli realme 3 juga. Oiya cukup bagus, tapi harus menunggu lebih dari 3 detik agar hasil foto lebih baik..

      Delete
  6. Whheeewwww, canggih beuts
    Jadi pengen dibeliin hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gan, siapa tahu dapat flash sale seperti saya :)

      Delete
  7. wah makin keren ya tampilan smartphone keluaran terbaru, jadi pengen beli deh realme ini karena hp ane sudah hampir 5 tahun usia nya hhhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makin keren smartphone sekarang, jadi bisa pilih-pilih deh..

      Delete
  8. Cakep juga tuh ponselnya mass... Btw harganya cukup standar juga sama dgn performanya.
    Tapi, kenapa aku lebih tertarik produk Oppo yak? Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, cukup membantu kegiatan sehari-hari. Gakpapa mas, tergantung selera masing-masing :)

      Delete
  9. gak termasuk mahal sih untuk fitur yang di berikan. cuma masih belum percaya dnegan nama-nama baru ehehhe. dan mirip terlalu mirip dengan oppo f11 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar sih karena brand baru, jadi agak gimana gitu. Hehe iya mirip Oppo, soalnya ni anak usahanya Oppo :D

      Delete
  10. Sub-brand Oppo type realme 3 yang kamu review ini secara keseluruhan keren ..., teritma hasil bidikan kameranya.
    Jelas dan detil banget.

    Hari ini tanggal 10 katanya flash sale realme 3 pro ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, ada flash sale Realme 3 Pro. Kalau lihat kualitasnya, lebih baik dari versi hape saya (Realme 3) mas. Tapi mengingat harganya, sepertinya sepadan dengan kualitasnya..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Medan Night Market: Akhirnya bisa kesini

Pengalaman dan Tantangan Bekerja di Big Bad Wolf Medan

Review Sharp Aquos SHV34: Murah Bertenaga

Mutia Garden: Menikmati Suasana Malam Bersama Bambu