Pengalamanku Menjadi Penulis di Situs Puncak Bukit

Pengalamanku Menjadi Penulis di Situs Puncak Bukit

Sebelum terbiasa menulis, diriku sering mengikuti kegiatan komunitas di kota Medan. Selain mengikuti komunitas, aku juga sering membaca tulisan teman kampusku agar semakin semangat menulis. Untuk tulisan teman kampus, kebanyakan mereka menulis di koran alias surat kabar dengan topik lumayan banyak seperti lingkungan, agama, puisi, hingga opini. Nah selain menulis koran ternyata mereka menulis juga di tempat lain, yaitu situs Puncak Bukit.

Sebelum aku tahu tentang situs ini, mereka mengajakku untuk mencobanya terutama menulis tentang game beserta tips-nya. Cukup menarik dan sempat kulihat situsnya yang ternyata lumayan banyak yang dibahas seperti komputer, jaringan, burung kicau, rumah dan masih banyak lagi. Namun diriku gak mencobanya langsung karena terkendala waktu. Walaupun begitu tetap kuusahakan untuk mencobanya.

Akhirnya begitu ada waktu kosong, aku langsung mencobanya. Untuk tampilannya seperti ini.

Pengalamanku Menjadi Penulis di Situs Puncak Bukit - Tampilan
Tampilan situs Puncakbukit.net

Saat aku melihat tampilannya, situs ini mirip pada blog pada umumnya. Kamu bisa melihat Halaman situs ini yang berisi informasi yang kita butuhkan seperti tentang, lisensi, kriteria tulisan, format tulisan dan lainnya yang semuanya bisa kamu lihat langsung pada situsnya.

Selain halamannya yang jadi perhatian, kriteria dan format tulisan ikut menjadi perhatianku. Alasannya karena menulis di situs tentu punya ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dibandingkan situs lain seperti Jalan Tikus yang mengedepankan tutorial dan tips teknologi atau IDN Times yang lebih membahas generasi milenial.

Pengalamanku Menjadi Penulis di Situs Puncak Bukit - Kriteria dan format tulisan
Kriteria (kiri) dan format tulisan (kanan)

Untuk menulis di Puncak Bukit lebih mengedepankan semangat menulis, kamu bisa melihat kriteria dan format tulisannya yang cukup formal tidak seperti situs lain yang penulisannya cukup ramah dan gaya bahasa jaman sekarang. Walaupun begitu situs ini menjadi poin plus karena bahasa formalnya bisa kita sesuaikan bila ingin menulis di media cetak seperti koran.

Pengalamanku Menjadi Penulis di Situs Puncak Bukit - Antrian
Topik menulis

Nah untuk jenis tulisan yang diinginkan Puncak Bukit, kamu bisa melihatnya di bagian Antrian. Cukup banyak topik yang bisa kamu lihat mulai dari olahraga sampai umum. Untuk menulisnya, kamu bisa memulainya sesuai yang kamu suka seperti olahraga, kamu bisa memulainya dengan membahas sepak bola atau bulutangkis. Untukku sendiri, aku mulai menulis disini dengan topik games.

Pengalamanku Menjadi Penulis di Situs Puncak Bukit - Topik games
Topik permainan (games)

Setelah mulai terbiasa dengan topik games, diriku mencoba topik lainnya seperti rumah dan komputer. Nah bagi kamu yang ingin mencoba mengisi tulisan disini, ini versi syarat mudahnya

Cara Mengirim Tulisan dan Tips-nya


Untuk pengiriman tulisan cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan tulisanmu seusai kriteria dan format yang diingikan Puncak Bukit. Untuk pengirimannya, kamu tinggal melihat halaman bagian Tentang Kami yang berisi alamat email sekaligus admin situs Puncak Bukit (Tina Gusty). Untuk tampilan pengirimannya, kira-kira seperti ini

Pengalamanku Menjadi Penulis di Situs Puncak Bukit - Kirim tulisan
Cara mengirim tulisan

Lalu setelah mengirim tulisan, ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Untuk bisa diterima tulisanmu di Puncak Bukit, kamu harus menulis yang belum pernah di bahas alias belum keduluan sama yang lain. Contoh bila kamu menulis bulutangkis di bagian topik olahraga, kamu wajib duluan menulisnya daripada orang lain karena bila orang lain sudah lebih dulu menulisnya, tulisanmu akan ditolak. Solusinya cari yang berhubungan agar tulisanmu tetap diminati situs ini.

Nah bagaimana sekarang, apa kamu tertarik menulis disini? Bagi kamu tertarik, kamu bisa mencobanya karena bila tulisanmu terbit ada benefit yang bisa kamu dapatkan seperti tulisanmu akan dibayar.

Akhir kata, semoga kamu yang ingin menulis semakin semangat dengan menulis tips dan idemu melalui situs ini. Sekian


Sumber gambar:
Canva.com
Puncakbukit.net
Jagatgames.com


Comments

  1. cukup menarik dan saya tidak bisa menulis dengan baik...

    biarkan saja saya menjadi pembaca untuk mengutip helaian titipan pengalaman pembaca yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sama juga dengan mas.. Berawal jadi pembaca hingga ingin menulis..

      Delete
  2. wah tahniah! teruskan menulis, mas. jangan disimpan bakat yang ada

    ReplyDelete
  3. wah ini menarik, karena tulisan kita dibayar, padahal kalau ngeliat platformnya dari sisi tampilan biasa aja,,, tapi dibayar euyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang terlihat sederhana, tapi bisa membuat tulisan kita berbayar. Kalau bg penasaran, bisa mencobanya, hehe..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Medan Night Market: Akhirnya bisa kesini

Pengalaman dan Tantangan Bekerja di Big Bad Wolf Medan

Review Sharp Aquos SHV34: Murah Bertenaga

Mutia Garden: Menikmati Suasana Malam Bersama Bambu