Thursday 27 September 2018

Shadow Fight 3: Generasi Baru dari Dunia Shadow Game


Melanjutkan petualang di dunia bayangan, akhirnya Nekki merilis Shadow Fight 3. Sebelumnya telah rilis Shadow Fight di game Facebook dan Shadow Fight 2 di smartphone Android dan iOS yang keduanya dikembangkan oleh pengembang yang sama.

Dalam kisah sebelumnya, Shadow Fight 2. Sang tokoh berhasil menyalamatkan May yang merupakan temannya, lalu mengalahkan bos terakhir (Titan) yang diakhiri dengan menutup gerbang Shadow (Gates of Shadows). Namun saat gerbang telah ditutup, kekuatan Shadows mengikuti dan melekat pada sang tokoh. Hal inilah yang menjadi penyebab muncunyal cerita game Shadow Fight 3.

Kisahnya berlanjut, dalam Shadow Fight 3, kita berada di sebuah pasukan yang bernama Legion. Pasukan ini bersiap menyerang Dynasty dengan misi memusnahkan ‘Ancaman Shadow’. Hal ini cukup beralasan karena di masa ini semua orang bisa menggunakan Shadow Energy, seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari, mempelajari hal baru hingga bertujuan untuk berperang. Sementara ada pihak lain yang telah bangkit dari bayangan yang siap mengancam Legion dan Dynasty. Nah mulai dari sinilah permainanmu di mulai untuk mengatasi kekacauan ini.

Berbagai kustomisasi untuk avatarmu

Saat memulai permainan, kamu akan dituntun mengatur avatarmu. Kamu bisa memilih jenis kelamin, wajah, gaya rambut dan warna tubuhmu. Oiya saat kamu baru mengunduh game ini, berbagai peralatan seperti senjata dan pelindung tidak kamu miliki. Namun tenang saja, selama permainan kamu akan mendapatkannya. Cukup keren mengingat seri sebelumnya hanya mengandalkan siluet.

Tampilan lebih WOW dari seri sebelumnya

Setelah memilih avatar, waktunya bertarung. Gameplay yang disajikan cukup mudah dimainkan, kamu bisa memahaminya dengan melihat sisi sebelah kiri untuk menggerakkan avatarmu, sedangkan sisi kanan untuk menyerang seperti menggunakan kaki, tangan hingga serangan jarak jauh.

Kamu bisa memilih gaya bertarungmu dan mengaktifkan Shadow Form

Nah kelebihan game ini dari seri sebelumnya, kamu bisa memilih gaya bertarung dan mengaktifkan Shadow Form. Untuk memilih gaya bertarung, kamu cukup memilih perlengkapan senjatamu saja, sedangkan untuk mengaktifkan Shadow Form, kamu cukup menekan tombol Shadow form yang memiliki kemampuan berubah menjadi siluet hitam dengan serangan yang dahsyat. Serangan yang dilancarkan juga bermacam-macam tergantung dari perlengkapan senjata yang kamu gunakan, seperti serangan Shadow Form diatas yang menggunakan senjata jarak jauh.

Untuk mendapatkan kemampuan Shadow Form, sebenarnya cukup menekan tombolnya saja. Namun bila kamu ingin senjatanya punya serangan khusus Shadow Form, kamu wajib melengkapi perlengkapanmu dengan level (tingkatan) diatas level common seperti level rare (warna biru), epic (warna oranye), legend (warna emas) dan unique (warna merah). Biasanya kamu mendapatkannya lewat bertarung, membeli kartu (card) dan membuka peti (chest).

Peti dan kartu untuk meningkatkan kemampuan bertarung dan Shadow Form

Untuk mendapatkan kartu cukup mudah, kamu bisa memilih dan membayarnya menggunakan koin dan gem. Sedangkan untuk mendapatkan peti hanya bisa kamu dapatkan melalui PvP dengan catatan tidak dapat memilih peti yang kamu suka.

Kekurangan


Banyak yang mengatakan game Shadow Fight 3 tidak ramah bagi free player. Saat saya mencobanya, saya ikut merasakannya dengan sulitnya meng-upgrade perlengkapan senjata karena koin dan gem yang terbatas. Kok bisa? Karena Side Quest yang diberikan terbilang minim untuk mengoleksi koin dan gem. Beruntung ada edisi Event untuk mendapatkan perlengkapan senjata level Unique jadi bisa meningkatkan perlengakapan.

Edisi Event: Ball Game Fest

Selain sulitnya mengumpulkan koin dan gem, kekurangan lainnya adalah PvP yang terbilang sulit. Sulitnya disini, kemampuan serangan musuh di PvP terlalu kuat yang membuat kita wajib meningkatkan perlengkapan kita. Sementara untuk meningkatanya dibutuhkan koin dan gem yang serba terbatas, yang berujung tidak bersahabat untuk free player.

Sulitnya PvP, membuat kamu sering menggunakan Shadow Form


Kesimpulan

Melihat game Shadow fight 3, layak diacungi jempol karena memberikan pengalaman lebih dari seri sebelumnya. Kita juga bisa kembali bernostalgia dengan berubah ke Shadow Form untuk mendapatkan sensasi siluet. Sisanya hanya masalah koin dan gem yang bisa diatasi dengan berhemat atau membelinya dengan uang asli.

Akhir kata, semoga review Shadow Fight 3: Generasi Baru dari Dunia Shadow Game memberimu manfaat.



Catatan:
  • Mohon maaf bila ada kesalahan dalam cerita game
  • Game ini sudah mendapatkan update terbaru dengan tampilan dan event yang lebih menarik
  • Hampir setiap bos memiliki kemampuan unik yang sulit kita dapatkan saat berubah ke Shadow Form seperti Bos level 5 (Scourge) yang bisa terbang
  • Membutuhkan koneksi internet untuk smartphone android
  • Saat membeli kartu, usahakan mencari skill senjata daripada perlengakapan seperti skill pedang Legion, skill tongkat Dynasty dan skill tombak Herald. Alasannya karena untuk mendapatkan skill ini jauh lebih sulit daripada meningkatkan perlengkapan senjata.

0 comments

Post a Comment