Friday 12 August 2022

Review Realme 5 Pro - Hape Ini Menemani Saya Hampir 2 Tahun

Review Realme 5 Pro - Hape Ini Menemani Saya Hampir 2 Tahun

Hape ini telah menemani saya hampir 2 tahun dan saya menyukainya, tapi apakah layak ditahun ini? biar gak berlama-lama, mari kita review Realme 5 Pro

Sebenarnya hape ini sudah saya review di youtube, jadi bagi kamu yang penasaran bisa langsung cek videonya. Tapi jika kamu suka membaca, bisa lewat postingan ini


Mulai dari layar dan desain. Bisa saya katakan mirip hape 1 jutaan jaman sekarang, bahkan hape 1 jutaan terkini sudah memiliki layar tompel + 90 hz dan fingerprint di sisi layar. Walaupun begitu saya suka dengan hape ini karena layarnya menggunakan gorilla glass 3+ sebagai pelindung dan fingerprintnya yg masih gesit hingga sekarang (asal jari tidak berminyak)

Sisi Software dan Performa, Realme 5 pro telah mendapatkan update software 2x sampe android 11 dan saya cukup nyaman menggunakannya hingga sekarang. Oiya, hingga sekarang saya mendapatkan update seperti peningkatan performa dan perbaikan sistem. Namun untuk mendapatkan android 12 kemungkinan tidak tersedia mengingat hape ini telah mendapatkan update android 2x. Jadi untuk keamanan update disarankan memilih hape terbaru

Sedangkan performa, semenjak update di android 11 tidak ada kendala, baik untuk multitasking maupun bermain game. Cuma banyak user yang mengeluh pengalaman bermain game menjadi terganggu seperti lag di game Mobile Legends : Bang Bang. Saya pun mencoba dan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan dengan mengalami lag dan frame drop setelah bermain 3 match (pertandingan) berturut-turut. Agak aneh bisa ngelag seperti itu, padahal saya bermain game lain seperti PUBG, Asphalt, Sky : Children of the Light hingga Genshin Impact (dengan kustomisasi untuk genshin impact) hanya mengalami lag sedikit dan gak mempengaruhi kenyaman bermain game. Jadinya saat lag di Mobile Legends, saya lebih memilih berhenti dulu biar hape kembali dingin.



Sekarang bagian kamera, bagian favorit saya. Realme 5 Pro membawa 4 kamera yang memiliki fungsi sebagai lensa wide (main), ultra wide, bokeh (portrait) dan makro. Walaupun kualitasnya sudah bukan terbaik, masih bisa bersaing karena sudah tersedia fitur utamanya, seperti hdr, night scape dan crhoma boost (AI) yang memberikan hasil yang baik. Tapi bila kamu tidak suka semua fitur ini, tersedia juga mode manual (Pro) yang membuatmu bereksplorasi dalam fotografi. Oiya, videonya juga sudah support EIS di 1080P dan sudah tersedia 4k yang cocok untuk kamu suka yang videografi. Nah berikut foto dan videonya



Review Realme 5 Pro - Hape Ini Menemani Saya Hampir 2 Tahun : Lensa Wide
Lensa wide (main)


Review Realme 5 Pro - Hape Ini Menemani Saya Hampir 2 Tahun : Lensa Makro
Lensa makro

Review Realme 5 Pro - Hape Ini Menemani Saya Hampir 2 Tahun : Lensa Bokeh
Lensa bokeh (portrait)

Review Realme 5 Pro - Hape Ini Menemani Saya Hampir 2 Tahun : Beda lensa
Perbedaan lensa

Review Realme 5 Pro - Hape Ini Menemani Saya Hampir 2 Tahun : Mode Pro
Mode manual (Pro)

Terakhir kekurangan. Walau saya puas dengan hape ini ada beberapa kekurangan yang cukup menganggu saya seperti baterai. Memang baterainya berkapasitas 4.035 mah tidak seperti hape sekarang yang sudah 5.000 mah. Tapi terbilang boros, yang dulunya saya cuma buka sosmed dan edit video hanya 1-2 charger, sekarang 2-3x charger dan itu belum bermain game. Untung hape ini sudah fast charging 20 watt yang membuatnya cepat penuh.

Saya juga mencoba masuk komunitas realme dan banyak yang mengeluhkan hal yg sama terutama semenjak update android 11 yang membuat baterai boros. Banyak yang menyarankan ke android 10 yang lebih efisien baterai dan performa yang stabil. Tapi saya tidak mencobanya, mengingat resiko menjadi tanggungjawab sendiri.

Nah begitulah Realme 5 Pro yang telah menemani saya hampir 2 tahun. Jika kamu ingin memilikinya sangat disarankan asalkan kamu tidak masalah dengan desain, baterai dan update software-nya. Apalagi harganya yang semakin turun membuatnya semakin layak dibeli. Tapi kembali kepada selera mengingat hape baru tentu memberi hal baru dan garansi yang membuat kita merasa aman dan nyaman.

Oke segitu dulu review-nya, semoga bermanfaat. Thank you~


*NB : Ternyata sudah lewat 2 tahun ^_^

2 comments

  1. mantap mas!!! pandai jaga hp dengan baik👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, beruntung hp-nya juga awet (^^)

      Delete


EmoticonEmoticon