Friday 25 January 2019

Karena Menabung Itu Penting

Nak simpan uangmu, biar hemat

Kata-kata itu sudah lama tidak terdengar di telingaku karena jarangnya aku berbicara dengan beliau. Walaupun begitu, kata-katanya masih tetap melekat di ingatanku dan kuterapkan di berbagai masa yang membuatku bisa berhemat tanpa perlu takut adanya hantu bernama 'utang'

Namun dibalik kata-katanya, masih tersimpan rasa raguku dalam menyimpan uang terutama dalam kata 'simpan'. Dulu kata beliau uang itu bisa disimpan dimana saja, asal kita tahu tempatnya seperti di kamar, dapur, lemari atau tempat yang kita tahu tapi tidak bisa kita gapai. Tujuannya biar uang itu tidak dipergunakan untuk keperluan yang tidak perlu sehingga mau gak mau jadi menabung. Sekarang mengingat semua semakin mudah, membuatku harus berpikir cara menyimpan uang yang lebih baik agar aku tidak kembali boros.

Beruntung saat memikirkan cara menyimpan uang, salah satu teman blogger mengajakku untuk mengikuti kegiatan bertema keuangan dengan nama 'SOBATKU', yaitu aplikasi keuangan yang bisa digunakan melalui smartphone. Penasaran dengan kegiatannya, membuatku setuju mengikuti ajakannya.

Akhirnya setelah bertanya waktu acaranya, aku pun berangkat menuju lokasi. Oiya, Aku berangkatnya bersama saudaraku agar bila ada yang tidak kuketahui atau kurang paham bisa bertanya pada saudaraku.

Karena Menabung Itu Penting - SOBATKU

Saat sampai di sana, suasanya telah ramai. Kamu bisa melihat berbagai stand di sana seperti stand makanan dan minuman. Tidak lupa juga tempat untuk berfoto-ria disajikan seperti photo booth instagram dan miniatur menara eiffel, membuat acara ini semakin seru. Nah sambil menikmati suasananya, kami melihat sekeliling untuk mendaftar, agar aku punya kesempatan mencoba aplikasi SOBATKU dan tahu tentang aplikasinya.

Karena Menabung Itu Penting - Mendaftar aplikasi SOBATKU
Cukup ramai yang daftar

Tidak membutuhkan waktu lama untuk mencari tempat mendaftarnya karena sudah pada banyak yang mengantri. Aku pun ikut mengantri agar tidak ketinggalan informasi apa saja yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi SOBATKU. Sambil menunggu antrian, aku berbicara bersama saudaraku tentang acaranya yang ternyata dia cukup suka dengan kegiatan acaranya.

Akhirnya giliranku tiba. Saat mau mendaftar, pegawainya bertanya “Sebelumnya, sudah pernah menggunakan aplikasi SOBATKU?” Aku membalas, “Belum Pak” Lalu pegawainya mengarahkanku untuk mengunduh (download) terlebih dahulu. Untuk mengunduhnya cukup mudah, kita hanya perlu menggunakan smartphone dengan OS Android dan iOS. Setelah mengunduhnya, kita bisa membuka aplikasinya langsung dan mulai mendaftarnya.

Karena Menabung Itu Penting - Mencoba SOBATKU
Unduh, daftar lalu nikmati

Nah ini dia aplikasinya. Untuk aplikasinya, aku sempat bertanya cara mendaftarnya yang ternyata cukup mudah. Untuk melakukan pendaftaran, kamu cukup menggunakan nomor handphone yang kedepannya akan menjadi nomor rekeningmu. Lalu untuk kelengkapannya, kamu bisa memasukkan nomor KTP. Jadinya mudah deh tanpa harus ribet

Oiya, aku juga sempat mencari tahu mengapa nama aplikasinya SOBATKU. Lalu setelah kucari-cari, ternyata SOBATKU singkatan dari Simpanan Online Sahabatku yang tujuannya membuat Tabungan Online dari aplikasi ini memberi kemudahan layaknya seorang teman.

Karena Menabung Itu Penting - Narasumber
Oktavia Laksmi, Ceppy Mulyana dan Hengky Suryaputra (dari kiri ke kanan) sebagai narasumber

Belum puas bertanya lebih lanjut tentang aplikasi SOBATKU, tidak terasa konferensi pers telah di mulai. Aku pun langsung memilih lokasi paling cocok agar bisa mendapatkan informasi dari narasumbernya.

Setelah dapat lokasi yang cocok, waktunya mendengar narasumbernya. Nah pembahasan di mulai dari bu Oktavia Laksmi Wardani selaku Head of SOBATKU. Dalam pembahasannya, aplikasi SOBATKU memberikan layanan dan kemudahan dalam menabung, tanpa biaya administrasi dan minimum saldo. Lalu untuk kemudahan lainnya dari aplikasi SOBATKU adalah aplikasi ini bisa transfer uang ke rekening bank konvensional yang berada di Indonesia dengan biaya Rp 4.000 saja.

Nah untuk kelengkapan lainnya yang membuat aplikasi SOBATKU semakin cocok dijadikan tabungan online. SOBATKU sudah bisa melakukan penarikan tunai di Alfamidi dan Alfamart yang bukanya lebih lama dari bank konvensional, plusnya lagi sudah tersedia pembayaran dan pembelian seperti transaksi isi pulsa, internet, air dan lainnya. Jadinya semakin mudah deh

Selesai membahas kemudahan dari aplikasi SOBATKU, sekarang bagian ranah hukumnya. Pembahasan ini disampaikan oleh pak Ceppy Y. Mulyana selaku Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati. Pada pembahasan ini, aplikasi SOBATKU merupakan layanan simpanan online dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati. Untuk layanannya, aplikasi SOBATKU telah mendapatkan ijin dari OJK untuk mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), sedangkan KSP Sahabat Mitra Sejati telah direkomendasikan oleh Kementerian Koperasi. Jadi walaupun bagian dari koperasi, layanannya tetap tercatat oleh OJK.

Setelah selesai sesi narasumber, waktunya bertanya. Dalam sesi pertanyaan, ada pertanyaan yang menarik perhatianku tentang aplikas SOBATKU, yaitu keamanannya. Nah untuk keamanannya, sudah dijalankan dengan baik dan bisa menjamin puluhan ribu pelanggan. SOBATKU juga senantiasa menghimbau penggunanya agar tetap waspada dalam tindak kejahatan bidang perbankan online. Untuk meningkatkan keamanan, kamu bisa mengganti PIN secara berkala, merahasiakan PIN,  pertanyaan keamanan dan OTP. Jangan lupa waspada saat melakukan transfer seperti bila transfer tidak dikenal bisa menghubungi call center SOBATKU atau email ke PICSOBATKU@sahabat-ukm.com

Karena Menabung Itu Penting - Foto bersama narasumber dan media lainnya

Oke setelah membahas kemudahan dan ijin aplikasi SOBATKU serta sesi pertanyaan, tidak terasa waktu konferensi pers hampir habis. Untuk menutupinya kegiatannya, dilakukan sesi foto bersama narasumber yang telah memberitahuku kemudahan dan manfaat aplikasi SOBATKU. Namun kegiatannya tidak berhenti disitu karena masih ada kegiatan yang tidak kalah menarik.

Kamu pasti tahukan apa kegiatan selanjutnya?

Yap kegiatan selanjutnya adalah lomba modeling, modern dance dan tidak lupa penarikan hadiah Paket Umroh SOBATKU bersama Nowela. Sambil menikmati acaranya, entah mengapa cuaca mulai mendung. Aku pun mulai mencari tempat teduh agar bisa jaga-jaga bila hujan nanti. Tapi entah mengapa acara semakin ramai yang membuatku penasaran. Setelah dilihat-lihat, ternyata artis yang telah dinanti telah tiba, Nowela. Langsung suasana semakin ramai saat Nowela melantun lagu, cuaca mendung ikut terabaikan karena suaranya.

Setelah menyanyikan beberapa lagu yang membuat pengunjung semakin semangat, suasana kembali seru dengan penarikan undian. Penarikan undian dilakukan di atas panggung bersama MC dan Nowela. Nah untuk pemenangnya jatuh kepada seorang ibu dengan hadiah satu Paket Umroh SOBATKU. Sayang tidak terfoto, karena smartphone-ku sulit mengambil gambarnya. Walaupun begitu tetap senang, karena sudah ada yang terpilih dari kota Medan. Salut deh

Karena Menabung Itu Penting - Nowela membuat pengunjung semakin semangat
Sayang kemampuan smartphone yang tidak mendukung, membuatku sulit mengabadikan gambar

Setelah penarikan undian, kegiatan masih berlanjut dengan kembalinya Nowela melantunkan lagu. Pengunjung pun kembali semangat walaupun rintik-rintik hujan mulai berjatuhan. Melihat antusias pengunjung, aku pun ikut semangat menonton Nowela.

Nah bagi kamu yang ingin memenangkan undian. SOBATKU juga mengadakan penarikan undian secara nasional untuk mendapatkan Hadiah Uang Tunai 100 Juta untuk satu pemenang dan 4 paket umroh untuk 4 orang pemenang. Yuk di coba, siapa tahu menang.

Akhirnya selesailah aku mengikuti kegiatan aplikasi SOBATKU, sudah dapat informasinya, dapat pula kegiatannya. Tidak terasa aku bersama saudaraku mengikuti acaranya dari siang sampai malam karena antusiasnya melihat acaranya ini walaupun tidak sempat melihat pengumuman pemenang lomba modelling dan modern dance. Tapi tetap senang karena telah terhibur dengan acara dan kegiatannya.

Oke begitulah ceritaku mengikuti acara SOBATKU. Akhirnya, aku sudah tahu tempat menyimpan uang yang aman yang membuatku ingin terus menabung.

14 comments

  1. Ntar kira-kira pemenang uang tunai 100 juta siapa, yaaaaa ....
    Kamu atau aku, mas Ridsal :) ?

    Kalo pemenang berikutnya itu kamu .. janji yaa traktir aku ngeborong camilan cumi-cumi ... hehehe ..
    Dan kalo aku yang menangin 100 juta, mas Ridsal pasti kutraktir deh ...
    1 permen karet cukup yaa .. wwwkkkwkk

    Betewe, acaranya meriah ya ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau mas, tapi kalau aku menang jadi deh makan cumi-cumi sepuasnya, hehe.. Tapi kalau mas Himawan yang menang, boleh 1 permen karet plus wisata Candi-nya biar makin tahu aku soal Candi mas, hehe..

      Iya, meriah mas.. Ramai banget..

      Delete
    2. Heeemm balas traktirnya kok nggak seimbang sih, masak cumi-cumi vs permen karet,
      untuk sono rugi sini dong

      Delete
    3. Wkwkwk, itu kan uang mukanya dulu gan. Habis itu, baru travel Candi-nya :D

      Delete
  2. Asiknya nonton nowela dari dekat, btw foto kedua dari terakhir itu foto bareng blogger medan ya bang? Bagaimana caranya ya bergabung ke blogger medan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik mbak.. foto kedua terakhir itu foto bareng narasumber dan media lainnya, salah satunya blogger medan mbak..

      Untuk bergabung cukup mudah, mbak tinggal pantau instagram blogger medan, disana ada kegiatan kumpul bareng setiap bulannya..

      Delete
    2. Oke, makasih infonya ya bang

      Delete
  3. asli petjah acaranya kemarin itu (btw saya juga disana) SOBATKU ini bisa sih jadi pilihan untuk lebih memanfaatkan tabungan daripada cuma ngendap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ramai acaranya.. pengunjung juga antusias mengikuti acara SOBATKU, biar tabungannya lebih bermanfaat.. Oiya dmana??

      Delete
  4. Daftarnya harus pake KTP ya? Berarti saya belum bisa.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. Saya malah terfokus pada undian dari Sobatku ini wgwgw, buset, gila-gilaan banget eh, aslik. Ini kalau hoki, seketika jadi jutawan dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gila-gilaan bang. Apalagi pas hobi, bom.. langsung jutawan..

      Delete
  6. Memudahkan kali untuk kami yang (sok) sibuk. Lakik dsri senin-jumat full.. Gak bs izin dr sekolah. Jd gak ada waktu buat nabung ke bank.. Solusi nih sobatku.. ��

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon