Saturday 22 September 2018

Durian Blogger Medan: Memanfaatkan Smartphone Sebagai Media Fotografi

Akhir-akhir ini sering kita melihat orang berfoto ria dengan smartphone. Foto-foto yang mereka potret cukup banyak, mulai dari hewan, alam, kota, manusia hingga foto abstrak yang semuanya bisa kita lihat di sosial media dengan tag yang mereka buat seperti #portrait #foodfotografi #makrofotografi dan masih banyak lagi. Namun adakah foto yang menarik bagi kita?

Nah inilah yang diangkat Blog M (Blogger Medan) dengan tema durian Memanfaatkan Smartphone Sebagai Media Fotografi. Sekilas tema-nya terdengar sepeleh karena foto dengan smartphone hanya bertujuan untuk bersenang-senang. Namun Blog M mengundang salah satu fotografi di Medan, Andi Lubis yang membuat fotografi dengan smartphone semakin bermanfaat. Bagaimana ceritanya? Yuk ikuti Durian ini

Durian Blogger Medan: Memanfaatkan Smartphone Sebagai Media Fotografi
Durian Blog M bulan september di D'raja Coffee

Durian Blog M bulan ini berada di D'raja Coffee, Jl. Sultan Iskandar Muda No. 132. Lokasi Durian ini cukup asyik karena mudahnya mencari transportasi menuju kafe dan tempatnya yang instagramable. Cocok juga tuk menempah kemampuan fotografi.

Andy Lubis memberitahu cara memanfaatkan smartphone sebagai media fotografi
Andy Lubis di Blogger Medan (Blog M)

Saat mengikuti kegiatan, Bang Andy menjelaskan tentang kamera smartphone dan dasar-dasar penggunaan kamera smartphone. Saya pun mendengarnya baik-baik agar bisa dicoba saat pulang dari kegiatan ini.

Dari pembahasan kamera smartphone, ada tiga hal yang membuat kamera smartphone menarik, yaitu
  1. Smartphone tidak seperti kamera dslr dan mirrorless
  2. Smartphone tidak seperti mata manusia
  3. Smartphone memiliki keterbatasan

Bang Andy mengatakan kamera smartphone memiliki keterbatasan namun disinilah letak kelebihannya. Mengapa begitu? Saya pun sempat berpikir sama. Ternyata, dengan memiliki keterbatasan membuat kita berkreasi dan memiliki sudut pandang tersendiri yang menciptakan style memotret kita. Semula mirip dengan orang lain karena kita belajar, namun lama-kelamaan akan muncul style atau hobi memotret kita.

Bang Andy juga mengatakan, menggunakan kamera smartphone merupakan langkah menuju profesional. Karena berangkat dari keterbatasan, kita dituntut menghasilkan karya seni yang jauh melebihi ekspektasi kemampuan kamera smartphone. Contohnya mengambil gambar seorang tokoh menggunakan smartphone, foto timelapse menggunakan kamera smartphone dan mengambil foto garis yang keren dengan smartphone.

Akhirnya setelah selesai mengikuti kegiatan Durian Blog M, saat mencobanya. Saya pun mencoba beberapa spot dan makanan di D'raja Coffee. Hasilnya seperti ini

Nakatsu Karage - D'raja Coffee
Foto makanan D'raja Coffee: Nakatsu Karage - 25K

D'raja coffee
Foto beberapa tempat D'raja Coffee

Nah begitulah cerita mengikuti Durian Blogger Medan. Semoga cerita Durian Blogger Medan: Memanfaatkan Smartphone Sebagai Media fotografi memberimu manfaat. Sampai jumpa


Catatan:
  • Kegiatan Blog M (Blogger Medan) dilaksanakan setiap bulan
  • Bang Andy menyarankan mulai dari yang memiliki keterbatasan agar kita tidak mengharapkan banyak fasilitas

0 comments

Post a Comment