Tuesday 11 December 2018

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi

Pengalamanku menikmati kopi bisa dikatakan pas-pasan. Untuk membedakan rasa dan aromanya masih terbilang dangkal. Malahan, bila ditanya tempat ngopi yang telah kukunjungi, masih dalam hitungan jari. Walaupun begitu tetap ada keinginan tuk menikmati kopi sekaligus menambah pengalaman seputar kopi, seperti tempat kopi yang akan kukunjungi, Basnul Coffee.

Sebelum sampai ke Basnul Coffee, cukup banyak rintangan dan tantangan yang kuhadapi. Diantaranya menikmati bakso dan es koteng dari Bakso Putri dan aneka bakso bakar dari Baco Bakar Mozzarella. Keduanya membuatku kenikmatan dan malas tuk bergerak. Tapi karena besarnya keinginan tuk mengenal kopi, semua bisa teratasi.

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi

Sampailah aku ke Basnul Coffee. Oiya, aku pergi kesini tidak sendiri, seperti biasa perginya bersama kawan. Kami melihat ruangan parkir yang teratur, membuat kami mudah memakirkan kendaraan kami. Jadinya, semangat tuk masuk kedalamnya

Pembahasan terkait: Bakso Putri - Baksonya Bikin Kenyang dan Baco Bakar Mozzarella - Begini Rasanya Bakso Bakar Asli

Saat kami masuk kedalamnya, suasananya cukup adem. Kami melihat tempat duduk telah tersusun rapi dengan motif kayu, begitu juga dengan dindingnya. Tidak hanya itu, lampunya membuat suasana semakin hangat bersama teman dan keluarga.

Selain ruangannya yang bikin adem, ternyata mereka menyediakan tempat pembuatan kopi yang bisa kita lihat seperti proses pemilihan biji, penyeduhan hingga penyajiannya, membuat kita bisa bertanya lebih jauh tentang kopi. Semua ruangannya bisa kamu lihat melalui foto ini.

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi - Ruangan 01
Bikin adem melihat dekorasinya

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi - Ruangan 02
Semuanya bermotif kayu

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi - Ruangan 03
Lampunya juga yang membuat suasana hangat

Melihat ruangannya terus-menerus, tidak membuat kami lupa tuk memesan. Kami memanggil pelayan dan memesan menu makanan Nasi Briyani Kambing dan Chicken Currymi dengan minumnya Ice Dates Honey Float, Cappuccino dan Manggo Basnul. Untuk snack-nya kami pesan Taiso Pedas Manis, Pisang Coklat Kacang Basnul dan Ubi Molonice. Oiya tuk kopinya kami memesan V60. Sambil menunggu pesanan tiba, kami mengisi waktu dengan memandang suasana Basnul Coffee.

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi - Snack Basnul Coffee
Snack dan Cappuccino

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi - Snack Basnul Coffee versi pembesaran
Versi dekat, Taiso Pedas Manis (Rp 17.000) Cappuccino (Rp 17.500) dan Pisang Coklat Kacang Basnul (Rp 20.000)

Nah akhirnya tiba pesanan kami yang didahului Taiso Pedas Manis, Cappuccino dan Pisang Coklat Kacang Basnul. Kalau ditanya rasanya kami lebih suka Taiso Pedas Manis karena kami suka yang pedas-pedas. Tapi bila kamu suka yang manis, kamu bisa pilih Pisang coklat Kacang Basnul.

Untuk Cappuccino-nya, aku tidak sempat mencicipinya karena yang memesan kawanku. Kebetulan dia suka Cappuccino, jadi gak nyoba deh.

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi - Minuman
Kiri Manggo Basnul (Rp 18.000) kanan Ice Dates Honey Float (Rp 24.500)

Pesanan selanjutnya yang tiba adalah Manggo Basnul dan Ice Dates Honey Float. Menariknya disini adalah minuman Ice Dates Honey Float yang berisi potongan kurma (serius kurma woi), madu dengan es krim sebagai topping-nya. Rasa manis bercampur antara rasa manis kurma, madu dan es krim. Membuat kami jadi tahu perbedaan rasa manis.

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi - Makanan dan Snack
Dari kiri ke kanan, Nasi Briyani Kambing (Rp 50.000) Chicken Currymi (Rp 22.500) Ubi Molonice (Rp 19.500)

Sekarang bagian makanannya, yaitu Nasi Briyani Kambing dan Chicken Currymi. Pesanan snack tiba juga, Ubi Molonice.

"Bagaimana rasanya?" 

Cukup sulit karena baru tahu Nasi Briyani. Pas browsing di internet, ternyata Nasi Briyani sudah lama dikenal negara India dan Pakistan. Lalu populer di negeri jiran, Malaysia. Walaupun begitu tetap juga kucoba yang rasanya gak kalah dengan rasa nasi lemak. Apalagi ada daging kambing yang semakin menggugah selera. Membuat kami cepat menghabiskannya.

Lalu Chicken Currymi. Awalnya berpikir pasti kuah kari-nya dari bumbu mie-instan. Pas dicoba, ternyata beda rasa kuahnya, pas dicampur dengan mie-nya juga berbeda dengan rasa mie-instan. Membuat kami semangat tuk menikmatinya.

Nah sekarang bagian akhir menu yang kami pesan yaitu snack, Ubi Molonice. Saat kami melihat di menu, ternyata ini adalah menu baru dari Basnul Coffee. Kami langsung mencobanya dan ternyata rasa ubi-nya pedas manis bercampur keju mozzarella sebagai topping-nya. Jadi semakin kaya rasanya.

"Lalu bagaimana dengan kopinya?"

Oiya, untuk kopinya tidak sempat kami foto. Namun kami sudah mencoba V60 mereka. Untuk rasa, seperti yang aku katakan di awal masih belum paham seputar kopi, palingan hanya rasanya yang berubah. Biasanya dulu minum kopi berasa pahit sekarang asam, karena diberitahu barista Basnul Coffee cara minumnya.

Nah ini foto versi semua hidangan yang kami pesan. Ada V60-nya juga.

Basnul Coffee: Bukan Sekedar Kopi - Semua pesanan
Semua pesanan

Bagaimana? Apa cocok samamu? Bila iya, kamu bisa mengunjungi dengan mengikuti catatan dibawah ini atau melihat video ini terlebih dahulu.


Akhir kata, semoga Basnul Coffee sesuai dengan ekspektasimu. Selamat mencoba.


Catatan
Buka setiap hari mulai dari jam 12.00 - 23.00 wib
Lokasi jalan Ringroad Pasar II Tanjung Sari No. 100BC (kalau jalan dari arah Amplas, entar di sebelah kiri)
Instagram: @basnulcoffee
Semua foto menggunakan Sharp Aquos SHV34 au

3 comments

  1. Oh, jadi ceritanya sebelum icip-icip di Basnul Coffee, ceritanya tergoda 2 porsi di tempat yang berbeda nih ...wkkwkk ..

    Berarti ibaratnya 1 hari dipenuhi acara makan-makan asik ya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, iya mas.. Untung masih bisa icip-icip di Basnul Coffee :D

      Delete
    2. Mantap jiwaah ini namanya ...
      Seharian dijejali makanan enak-enak

      Delete


EmoticonEmoticon